Menjadi bank unggul di Indonesia dengan mengurangi biaya infrastruktur IT hingga 99%.

Bank terbesar di Indonesia ini menyadari perlunya mengubahpendekatan pemasaran mereka. Pendekatan komunikasi yang sebelumnya sama untuk setiap orang kini harus lebih personal, dengan pesan yang berbeda untuk setiap kumpulan target konsumen yang berbeda. Konsumen akan lebih merasakan manfaatnya dan lebih punya keinginan untuk merespon. Tentunya akan berdampak positif terhadap program retensi konsumen dan bisa mengurangi biaya akuisisi. Biaya kampanye pun lebih rendah karena target penerimanya lebih kecil dan lebih fokus.

Tantangan Bisnis

Industri pelayanan finansial seperti bank perlu mengupayakan mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Dengan misinya untuk menjadi bank terbaik di Indonesia, bank ini harus memodernisasi infrastrukturnya dengan teknologi hemat biaya yang bisa memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Selama ini mereka masih menggunakan 27 sistem berbeda dengan biaya yang tinggi. Banyak pula data tidak terstruktur dari beragam sumber seperti media sosial, yang mengakibatkan sulitnya pengambilan keputusan. Untuk menghemat biaya, bank hanya akan menyimpan data harian dan akhir bulan daripada menyimpan data penuh untuk jangka waktu yang lama.

Kinerjanya pun juga kurang. Dalam mempersiapkan data laporan manajemen, mereka membutuhkan waktu hingga dua hari. Perusahaan ingin mengumpulkan data multi-terstruktur dari sumber baru dan menyimpannya untuk jangka waktu yang lebih lama, namun belum mampu melakukannya saat ini.

Solusi


Untuk mengatasi masalah ini, kami menyiapkan solusi yang berjalan di atas Microsoft Azure. Dengan solusi ini, bank dapat memberdayakan kampanye pemasaran yang ditargetkan (termasuk penjualan silang dan akuisisi) melalui berbagai saluran komunikasi seperti internet, perangkat seluler, dan interaksi dengan Customer Service.
Berbagai faktor yang menjadi penawaran khusus untuk dikirimkan ke klien mencakup transaksi kartu kredit, demografi pelanggan, informasi profil, dan data dari media sosial. Analisis  risiko dan analisis antisipasi perpindahan ke kompetitor juga kami siapkan dalam solusi ini.
Sementara itu, biaya untuk melaksanakan kampanye jauh lebih rendah dan lebih terfokus. Mereka mampu menghemat hingga 99 persen dibandingkan dengan menggunakan database relasional.
Solusi ini juga memberikan efisiensi operasional kepada bank tersebut, sehingga menghemat biaya beban infrastruktur IT-nya. Dengan solusi ini hanya dibutuhkan 60 menit saja untuk menyiapkan data.

0 0
Feed